Sabtu, 19 Mei 2012


Keunggulan Letak Strategis Pulau Batam
 By : Anis
Kota Batam adalah kota terbesar di Kepulauan Riau. Metropolitan Batam terdiri dari tiga pulau, yaitu Batam, Rempang dan Galang yang dihubungkan oleh Jembatan Barelang yang merupakan ikon Kota Batam.



Kota Batam terletak antara 0 25’29” – 1 15’00” Lintang Utara dan 103 34’35” – 104 26’29” Bujur Timur dengan total wilayah daratan dan wilayah lautan seluas 3990 km2.

Batas – batas kota Batam.

Utara
Selat Singapura dan Malaysia.
Selatan
Kabupaten Lingga.
Barat
Kabupaten Karimun.
Timur
Pulau Bintan dan Tanjung Pinang.











Secara geografis, Batam mempunyai letak yang sangat strategis yaitu terletak dijalur pelayaran internasional. Dan lokasi Pulau Batam juga sangan dekat dengan Negara tetangga yaitu Negara Singapura dan Negara Malaysia.Jarak antara Pulau Batam dengan Singapura dan Malaysia pun hanya 20 km saja. Jika kita ingin kenegara Singapura atau Malaysia melalui Batam, kita cukup melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal ferry selama 45 menit.

 

Terminal ferry Batam-center menuju ke Singapura dan Malaysia
 

Ferry dari Batam-centre menuju Singapura dan Stulang Laut (Malaysia)
Batam juga memiliki lima pelabuhan feri internasional yang menghubungkannya dengan Singapura dan Malaysia: Batam Centre, Batu Ampar (Harbour Bay), Nongsa, Waterfront City dan Sekupang.
Karena letak wilayah Batam yang strategis ini , tentu Pulau Batam juga mendapatkan pengaruh besar terutama dari negara Tetangga seperti Singapura dan Malaysia ,baik pengaruh budaya, teknologi,ekonomi, pendidikan dan masih banyak lagi.
Salah satu contoh konkrit yaitu Selat Singapura merupakan salah satu selat tersibuk di kawasan Asia Tenggara dan bahkan di Asia Timur. Selat ini menjadi jalur laut internasional bagi kapal-kapal dari arah Selat Malaka, yang menuju Cina atau wilayah-wilayah di Asia Tenggara lain seperti Vietnam, Thailand, Kamboja, Filipina, Brunei Darussalam dan wilayah lain di Asia Timur. Karena ramai dilayari, memungkinkan kapal – kapal tersebut untuk singgah di Pulau Batam. Hal tersebut menyebabkan Pulau Batam banyak dilihat oleh mata Internasional.
Contoh diatas, menunjukkan bahwa sangat besar pengaruh keadaan geografis antara Batam dengan negara – negara tetangga.Pengaruh tersebut dapat mencakup perubahan positif terhadap budaya, teknologi, ekonomi, pendidikan dan masih banyak lagi di Pulau Batam.  
Pengaruh positif dibidang budaya.

Pada dasarnya, Pulau Batam, Negara Singapura dan Negara Malaysia memiliki satu rumpun yang sama, yaitu rumpun melayu. Dengan kesamaan rumpun ini, Batam bisa tetap menjaga keturunan budayanya bahkan membudidayakan kepada anak – anak dimasa yang akan datang karena persaingan budaya dengan negara tetangga tersebut. Dan dengan kesamaan rumpun ini juga, antara Pulau Batam, Negara Singapura dan Malaysia dapat mejalin kerja sama yaitu dapat berupa mengekspor dan mengimpor barang – barang seperti pakaian melayu, kain songket dan masi banyak lagi untuk dapat membudidayakan budaya mereka masing – masing. Dengan demikian, budaya melayu yang ada di Pulau Batam sendiri dapat tetap terjaga dan tidak punah dan tetap menjadi salah satu budaya beranekaragam yang dimiliki Negara Indonesia.
Batam juga bisa mencontoh budaya Singapura seperti kedisiplinan, dan kebersihan serta Malaysia yang sangat menjaga budaya leluhur.
Kebersihan dan kedisiplinan Singapura.














Budaya Malaysia dalam berpakaian.

Pengaruh positif dibidang teknologi.

Singapura dan Malaysia merupakan negara yang tergolong maju karena wilayah mereka yang tidak terlalu luas sehingga para raja atau pun pemerintahannya dapat dengan mudah mengatur, menyusun, dan menuntun negaranya untuk meningkatkan kualitas, pendapatan dan pendidikan disegala bidang, salah satunya pada bidang teknologi .Mereka dapat mengikuti kecanggihan teknologi tingkat Internasional yang notabenenya lebih maju.
Dengan wilayah Pulau Batam yang strategis ini, otomatis pulau Batam mendapatkan pengaruh secara besar dari negara singapura dan malaysia terutama dibidang teknologi juga. Masyarakat pulau batam yang secara cepat mengimbangi tingkat kecanggihan teknologi tersebut. Apalagi dengan  didukungnya alat – alat teknologi yang diekspor Malaysia dan Singapura yang tergolong murah karena batam dekat dengan singapura yang merupakan pelabuhan internasional dan memiliki kebijakan pajak  export import yang rendah.Dengan demikian, hal tersebut dapat membuat pulau Batam sedikit lebih maju dibandingkan dengan pulau – pulau yang ada di Indonesia, karena letak Pulau Batam yang dekat dengan Negara Tetangga tersebut.



Pengaruh Positif dibidang ekonomi.

 Sebagai model daerah proses ekspor Indonesia, Batam memiliki infrastruktur sebagai fasilitas ekspor dan daerah proses perdagangan. Semua impor bahan mentah, peralatan dan komponen asembling dari Singapura dan negara asing lainnya dibebaskan dari beban pajak jika produk akhir untuk ekspor. Lingkungan kepulauan sangat baik dengan semua jenis fasilitas produksi tersedia. Pada saat sekarang ini, terdapat investasi dari Jepang dan Eropa dimana banyak perusahaan multinasional telah mendirikan pabrik disana. Perencanaan industri dan perkembangan peraturan Batam adalah sama dengan Shenzhen Industrial Park di Cina yang memiliki hubungan ekonomi dan perdagangan dengan Hong Kong: produk yang dirakit didaerah proses perdagangan terikat diangkut ke Singapura, dengan merk "Buatan Singapura" dibebaskan dari beban pajak untuk eksport kenegara seperti pasar Amerika dimana Singapura dan USA memiliki perjanjian perdagangan bebas. Ini adalah keunikan dari Pulau Batam dimana menarik banyak investasi dan banyak perusahaan Jepang juga menyadari keuntungannya.
Pada akhir April 2006, Pemerintah Singapura dan Indonesia menandatangani sebuah perjanjian untuk mengembangkan Batam dan Bintan kedalam "Suzhou Industrial Park" dan tujuh "Daerah Ekonomi Spesial Baru".

 
Pengaruh positif dibidang pendidikan

Negara Malaysia menjalin kerjasama dengan Kota Batam dalam bidang pendidikan. Malaysia membuka pendidikan bagi siswa – siswa berprestasi yang ada di Batam dengan sekolah gratis yang dibiayai oleh negara Malaysia di perguruan tinggi dan pertukaran pelajar SMA di Kuala Lumpur.
Siswa siswi Pulau Batam dapat pendidikan yang tinggi dan dapat melahirkan penerus yang berprestasi dan terdidik sehingga Pulau Batam tidak ketinggalan dalam bidang pendidikan dari wilayah – wilayah lain di Indonesia . Sehingga siswa -siswi Pulau Batam dapat bersaing dengan siswa - siswi diwilayah lain di Negara Indonesia.   


Dengan demikian, sangat banyak keuntungan yang dapat dirasakan dari wilayah strategis yang dimiliki Pulau Batam baik itu di bidang budaya, teknologi,ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar