ABG GAUL ga asal pilih teman !

Kamis, 19 April 2012

By : Debby Yuni Anita Andri


         Hai guys hidup itu ga mungkin kan sendirian, pasti kita selalu mencari teman yang cocok, pas, klop dan ngerti banget buat curhat, nyampein unek-unek, belajar bareng, bagi-bagi informasi , ngelakuin hal gila bareng, dan biasanya sih ngegosip (sebenarnya ini ga boleh loh, karna hadist mengatakan “jaga lah aib saudaramu maka allah akan menjaga aib mu pula”), so buat temen-temen yang keseringan ngomongin orang lebih baik dikurangi agar azab allah tidak semakin berat di akhirat nanti.

        Sekarang kamu pasti punya temen yang sehari-hari lengket sama kamu, seperti ke kantin bareng, istirahat bareng, pulang bareng pokoknya semua bareng deh, yang ingin saya tanyakan apakah “teman lengket” mu itu memberikan pengaruh yang baik untuk mu? Jika tidak ayo cepat-cepat sadarkan kalo ga bisa disadarkan lebih baik ditinggalkan, karna kita hidup tidak hanya untuk masa ini tapi hidup kita masih panjang kedepanya toh masih banyak orang yang bisa dijadikan teman, kalo kamu sekarang udah rusak mau jadi apa nanti kedepanya? Apa kamu mau jadi tukang jaga konter ? atau jadi penjaga minimarket ? ataupun jadi orang yang tak berguna sama sekali ? So Hidupmu kamu yang nentuin !.
            Pilih-pilih teman itu adalah suatu kewajiban karna perkembangan masa remaja kita ini tergantung lingkungan yang tidak lain adalah teman disekitar kita. Kalo temen kita kerjanya sibuk pacaran pasti kita ketularan pacaran terus, kalo temen kita kerjanya dandan dan bersolek pasti kita juga ikutan ketular di panggil mentel , apa mau dipanggil geng mentel ? , kalo temen kita kerjanya cabut pasti ikutan cabut juga, kalo temen kita kerjaanya bikin ulah dan menuh-menuhin buku hitam pasti secara tidak langsung kita terpengaruh juga. Tapi dalam sisi baiknya kalo temen kamu aktif organisasi kamu pasti juga akan ikutan aktif, jika temen kamu mampu menjadi juara pasti kamu terpacu buat menjadi juara juga, jika temen kamu selalu di perhatikan dan disayang guru pasti kamu juga akan terlihat dan lebih terasa ada dan bermanfaat. Jadi ga ada salahnya kamu milih-milih teman, malahan kamu diwajibkan , diharuskan , di paksakan dan disarankan agar memilih teman dengan baik.

Kalo kamu pengen masa depan mu bagus ayo identifikasi teman mu !
  • Mempunyai Skill dan kemampuan dalam suatu bidang, bidang apapun itu ! yang jelas orang yang ingin kamu jadikan teman itu harus punya satu kemampuan !
  • Mendengarkan, memperhatikan dan merespon mu ketika kamu berbicara
  • Siap berada disampingmu saat kamu senang sedih gelisah dan depresi, coba perhatikan apakah teman mu itu siap berada disamping mu.
  • Take and Give, dalam berteman itu harus menerima dan member i. kedua belah pihak harus saling menguntungkan, jadi apakah kamu dan temanmu sudah melakukan itu?
  • Tidak ada kata “bossy” dalam pertemanan, biasanya dalam setiap genk atau kumpulan perteman itu pasti ada satu orang yang lebih mencolok dan mengganggap bahwa dia itu lebih baik jadi coba bicarakan dengan bijak kepada teman mu itu bahwa ini pertemanan bukan perusahaan.
  • Dia mengajak mu untuk melakukan hal negative, seperti tidak sholat Dzuhur, cabut ke kantin, cabut dari sekolah dengan alasan “malas gurunya ga enak” dan kamu mengikutinya dengan pikiran “ah ini kan masa remaja masa ga boleh nakal sih” hati – hati dengan ego mu ! itu bisa merusak guys ! Teman seperti ini harus segara di JAUHI ! karna dia sama sekali tidak memberikan dampak yang baik untukmu
  • Dia mengenalkan mu pada orang-orang yang tidak berpendidikan dan kamu mengganggap itu keren apalagi kalo kenalan mu itu anak-anak tongkrongan. Ingat teman ! kamu sedang berada dalam perangkap setan ! menurut survey saya orang yang dikenalkan dengan mu tadi perlahan-lahan mendekatimu dan dia akan merusak mu ! sebelum terlampau jauh segera tinggalkan ! jika kamu remaja yang TEGAS jadi putuskan segala sesuatu dengan cepat TANPA RAGU-RAGU !
  • Teman mu itu mengajak mu keluar malam ! dan kamu mau , lalu dia mengajak mu buat nongkrong –nongkrong bareng, secara tidak langsung itu akan menjadi rutinitas mu ! apakah tidak disayangkan waktumu terbuang untuk nongkrong ga jelas doang? Ayo segera ubah kebiasaan itu Lebih baik stay at home dibanding nongkrong karna kamu pasti bakalan terpengaruh dengan apa yang dilakukan,dibicarakan,dan diekspresikan ketika nongkrong itu. Jangan bilang tidak ! sebagai remaja yang labil KAMU PASTI TERPENGARUH.
  • Kamu dapat teman dekat cowo dan menjadi boyfriend mu! Hati-hati dalam memilih boyfriend karna dia juga adalah teman yang menuntun mu kea rah yang baik atau buruk ! Jangan asal pilih, “eh dia ganteng”, “motornya keren”, “gimana lagi kalo udah cinta” sebenernya kamu cari apanya sih kalo mandang cowo itu dari situ? Ayo dong sekarang kalo nyari teman cowo yang BERKUALITAS ! jangan asal ganteng aja, karna dia yang akan sangat dekat dengan mu, yang akan mebimbingmu kearah yang lebih baik maka berhati-hatilah dan satu lagi kalo kamu masih pelajar jangan pacaran sama Om-om ! Berbahaya ! .
  • Kalo buat cowo harus hati-hati juga dalam memilih Girlfriend , cari yang berkualitas dia pasti akan bisa menuntunmu ke arah yang baik. Jangan asal milih cantiknya, kayanya, montoknya, atau gaulnya. Ingat hati kecil kamu pasti tau yang mana gaul positif dan gaul yang negatif :D
  • Dari kesekian hal diatas, jangan hanya menilai orang aja. Tapi, evaluasi dirimu juga. Kamu

         Mungkin kamu pernah denger kata-kata ini “ ih jijiklah liat dia , temenan maunya sama yang pintar ato yang keren aja” kamu salah tanggap guys, justru itu yang SANGAT BAGUS, maka dari itu perbaiki juga diri kita agar semua orang bangga berteman dengan kita, perbanyak skill dan kemampuan, TUNJUKAN DIRIMU ! kamu punya kemampuan tapi dipendam terus , yah buat apa ? ga ada gunanya dong. Dan jika kamu sudah selesai membaca artikel ini serta memahami makna yang terkandung didalamnya langsung putuskan jalan hidupmu SEKARANG JUGA ! apakah kamu mau menjadi orang yang SUKSES bersama lingkungan mu dan teman-temanmu yang berkualitas atau menjadi orang yang TAK BERGUNA dan tetap berteman dengan orang yang tidak berguna juga ! HIDUPMU KAMU YANG NENTUIN ! good luck guys


Sekedar Berbagi :) by Debby Yuni Anita Andri

0 komentar:

Posting Komentar